Kamis, 19 Maret 2015

Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Prilaku Remaja


Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Remaja 

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.


Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.(sumber : wikipedia.org)

Kata remaja berasal dari kata bahasa latin adolescere yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah ini mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik. Masa remaja menunjukan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. Masa remaja merupakan masa transisi sebab pada saat itu, seseorang telah meninggalkan masa kanak-kanak namun ia juga belum memasuki masa dewasa.
                                         

Kaum remaja saat ini sangat bergantung terhadap media sosial. Mereka begitu khas dengan "smarthpone" yang mungkin hampir 24 jam berada di tangan dan sangat sibuk di dunia onlinenya  yang mungkin tidak akan berhenti. 

Manfaat jejaring sosial :
  • Sebagai alat penggalangan dana
  • membuat dunia menjadi kecil
  • menyatukan orang-orang 
  • sebagai media pemberitahuan
  • media bertukar pikiran ,dan lain-lain
Dampak Negative jejaring Sosial:
  • susah bergaul dengan orang sekitar
  • situs social membuat orang menjadi egois atau mementingkan diri sendiri
  • mengurangi waktu kinerja
  • kejahatan dunia maya
  • pornografi ,dan lain-lain
Upaya mengatasi bahaya jejaring sosial:

  • 1. Jangan memberi informasi pribadi kepada siapapun yang anda temui secara online .karena informasi seperti nama, nomor telifon dan tanggal lahir bisa digunakan untuk melacak keberadaan anda.
    2. Jangan bertemu dengan orang yang anda belum kenal. (jangan beritahu kemana anda akan pergi)
    3. Pastikan kalian tahu semua orang yang ada di akun kalian.
    4. Jangan balas pesan atau email dari orang asing.
    5. Berhati hati dalam memasukkan foto kedalam internet.

Jadi setiap jejaring sosial mempunyai manfaat dan juga pengaruh buruknya .remaja ini banyak yang masih kurang pergaulan dan banyak yang bergaul di media sosial ini. maka itu kita seharusnya lebih berhati-hati dalam bergaul di jejaring sosial karena itu dapat membawa pengaruh buruk bagi kita sedniri dan bagi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar